Rabu, 22 Oktober 2014

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)



A.    Pengertian
Perangkat lunak (software) adalah instruksi-instruksi atau progaram yang digunakan untuk mengendalikan, mengontrol atau mengoperasikan sistem komputer dan peralatannya (perangkat keras) sehingga dapat menjalankan tugas sesuai perintah. Tanpa perangkat lunak, perangkat keras tidak ada gunanya. Sebagai contoh, televisi sebagai perangkat keras (hardware) dan program-program acara yang menarik sebagai perangkat lunak (software). Bagaimana nasib televisi itu jika tidak ada program-program acaranya? Bisa kalian bayangkan kan?
B.     Fungsi Software
1.      Mengidentifikasi program
2.      Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol
3.      Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
C.     Jenis-Jenis Software
Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
1.      Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak sistem (system software atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat internal (misal RAM) maupun eksternal (misal printer). Kedudukan program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer.
Perangkat lunak sistem dapat berupa sistem operasi, utility, device driver, dan penerjemah bahasa.
a.    Sistem operasi, adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan sistem komputer. Tiga fungsi utama sistem operasi, pertama, manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Kedua, manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak yang sedang dijalankan, contoh sumber dayanya seperti CPU, memori utama, dan peranti masukan/keluaran. Ketiga, manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran.
Macam-macam sistem operasi:
1.      Pada PC, meliputi DOS (Disk Operating System), Windows, Novell NetWare, OS/2,  UNIX, Linux, BeOS
2.      Pada mainframe, contohnya MVS (Multiple Virtual System)
3.      Pada minikomputer, contoh sistem operasinya VAX/VMS, Digital Unix, AOS, DG,
4.      Palm OS dan Windows CE/Pocket PC untuk hand-held computer alias komputer genggam
5.      Mac OS khusus untuk Apple Macintosh
6.      COS (Card Operating System)
b.    Utility, merupakan perangkat lunak sistem yang mempunyai fungsi tertentu, misalnya memformat disket, pengaturan ulang, dan sebagainya.
Berikut beberapa penggolongan utility menurut tugasnya:
1.      http://2.bp.blogspot.com/-8CT6PstM3CU/UJpq99PMfUI/AAAAAAAAADo/aVSMtRHtMeU/s1600/anti+virus+terbaik.jpgPencadangan (backup) yaitu menyalin program/data yang terdapat pada hard disk komputer ke suatu peranti penyimpanan eksternal (misal CD-RW) dengan tujuan agar sekiranya terjadi kerusakan pada hard disk komputer maka salinan tersebut dapat digunakan. Contoh: Norton Backup, tar, cpio, dd, B’s Recorder Gold.
2.      Pemulihan data untuk melakukan perbaikan /pemulihan data yang rusak secara fisik. Contoh: Norton Utilities
3.      Anti Virus untuk menangani penularan virus dalam komputer. Contoh: Norton AntiVirus, McAffee VirusScan
4.      Kompresi data untuk memperkecil ukuran data sehingga data tersebut dapat ditransfer ke lokasi lain dengan cepat. Contoh programnya: WinZip, PK Zip, gzip
5.      Defragmentasi, upaya untuk menghilangkan fragmentasi. Fragmentasi adalah keadaan yang membuat bagian dari berkas-berkas pada hard disk atau disket tidak berada di lokasinya/berserakan. Contoh: Disk Defragmenter
6.      Pemformat data
c.    Device driver, program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral.
d.   Bahasa pemrograman, merupakan software bahasa-bahasa yang dipakai oleh para programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi yang membantu programmer dalam membuat suatu program dan pengatur komunikasi antara komputer dengan peralatannya (sesama dengan komputer atau dengan manusia).
Berikut contoh software bahasa pemrograman:
1.      FORTRAN (FORmula TRANslator), aplikasi matematika, ilmu pengetahuan dan teknik
2.      COBOL(Common Business Oriented Language), aplikasi komersial (bisnis)
3.      PL/I (Programming Language One), kombinasi aplikasi komersial dan ilmiah
4.      http://1.bp.blogspot.com/-mQlNWXhgN1k/Uvtz4JX_NTI/AAAAAAAAAK8/mOJfOS5Q-3g/s1600/bahasa+pemrograman.jpgRPG (Report Program Generator), untuk aplikasi komersial
5.      APL (A Programming Language)
6.      Logo
7.      BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code), bahasa serbaguna
8.      Pascal (diambil dari nama Blaise Pascal)
9.      FORTH (FOuRTH-generation language), aplikasi bisnis dan grafis
10.  http://www.winet7.com/image/data/Blog/Bahasa%20Pemrograman%20alusplus.jpgAda
11.  C/C++
12.  dBase
13.  Java
14.  LISP (LISt Processing)
15.  PROLOG (PROgamming in LoGic)


2.      Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (application software) adalah program yang biasa dipakai oleh pengguna untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik.
Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi lima. Pertama, perangkat lunak hiburan, mencakup program-program permainan (game), memainkan musik (misal WinAmp), dan program untuk memainkan film (misal Xing).
Kedua, perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari atau mereferensi suatu pengetahuan, seperti kamus, ensiklopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi.
http://1.bp.blogspot.com/_IrMt1Asm3xw/TSXMk_ikvuI/AAAAAAAAAAs/esvSBRMn8U4/s1600/Office.pngKetiga, perangkat lunak bisnis, untuk menangani aplikasi bisnis, berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).
Keempat, perangkat lunak produktivitas kerja, berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai. Perangkat lunak ini meliputi:
a.    Word processing (pengolah kata), digunakan untuk mengetik naskah, surat, dan dokumen lainnya. Contoh program pengolah kata: Word Processor (Microsoft Word, Lotus WordPro, Amipro, WordStar, Word Perfect, Notepad, dan sebagainya)
b.    Spreadsheet, adalah software pengolah angka yang memerlukan berbagai macam perhitungan, pembuatan tabel, grafik, dan sebagainya. Contoh software ini antara lain Microsoft Excel, Lotus 123, Quattro Pro, Lotus Symphony, dan sebagainya.
c.    http://3.bp.blogspot.com/_e6AbPerJMVk/TNueXb9AOzI/AAAAAAAAABQ/n6SObwBOXGM/s1600/sfwe.jpgDesktop publishing (publisher) adalah software penerbitan yang dimanfaatkan oleh para user yang bergerak dalam bidang penerbitan, seperti majalah, surat kabar, buku, brosur, undangan, dan lainnya. Contoh program ini yaitu Microsoft Publisher, Adobe Pagemaker, Adobe inDesign, Ventura Publisher, QuarkXPress, dan sebagainya.
d.   Presentasi grafik, digunakan untuk keperluan presentasi yang memanfaatkan animasi, suara, gambar, grafik, maupun video. Contoh: Microsoft PowerPoint, Lotus Freelance, Harvard Graphics dan lain-lain.
e.    Software aplikasi internet, memungkinkan untuk komunikasi jarak jauh yang terhubung dengan jaringan. Contoh: http (hypertext transfer protocol) dengan browser internet explorer, google chrome, Mozilla Firefox dan sebagainya; e-mail (electronic mail) dengan perangkat lunak Outlook Express.
f.     Pengolah data (database), digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Contoh: dBase, Microsoft Access, FoxPro, Statistik (ASP, SAS, SPSS, MicroStat, dan StatGraphic), dan sebagainya.
g.    Software aplikasi grafis, dimanfaatkan oleh para user yang bergerak di bidang desaingrafis, terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar dan foto. Contoh software ini antara lain Freehand, Adobe Ilustrator, Photo Editor, Image Processing/Design (Adobe Photoshop, Corel Draw, Irfan View, Ulead PhotoImpact, ArcShoft Photostudio, dan Microsoft Photodraw) dan lainnya.
Kelima, adalah perangkat lunak khusus, digunakan pada PC atau perangkat khusus.

Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, dapat digolongkan sebagai berikut:
1.      Perangkat lunak komersial, perangkat lunak harus di beli karena ada hak ciptanya.
2.      Perangkat lunak domain-publik, bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.
3.      Shareware, bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakan secara terus-menerus. Seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
4.      Freeware,perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali.
5.      Rentalware, perangkat lunak yang dapatdigunakan dengan cara menyewa, ada hak cipta.
6.      Free software, perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan (sepanjang lisensi memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah.
7.      Open source, serupa dengan free software, hanya bebeda dalam filosofi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar