A.
Pengertian
Perangkat lunak
(software) adalah instruksi-instruksi atau progaram yang digunakan untuk
mengendalikan, mengontrol atau mengoperasikan sistem komputer dan peralatannya
(perangkat keras) sehingga dapat menjalankan tugas sesuai perintah. Tanpa
perangkat lunak, perangkat keras tidak ada gunanya. Sebagai contoh, televisi
sebagai perangkat keras (hardware) dan program-program acara yang menarik
sebagai perangkat lunak (software). Bagaimana nasib televisi itu jika tidak ada
program-program acaranya? Bisa kalian bayangkan kan?
B.
Fungsi
Software
1.
Mengidentifikasi
program
2.
Menyiapkan
aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol
3.
Mengatur
dan membuat pekerjaan lebih efisien
C.
Jenis-Jenis
Software
Berdasarkan
fungsinya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat
lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
1.
Perangkat
Lunak Sistem
Perangkat lunak
sistem (system software atau support software) adalah program
yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat
internal (misal RAM) maupun eksternal (misal printer). Kedudukan program ini
umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer.
Perangkat lunak
sistem dapat berupa sistem operasi, utility, device driver, dan
penerjemah bahasa.
a.
Sistem
operasi, adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk
mengendalikan sistem komputer. Tiga fungsi utama sistem operasi, pertama,
manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada
komputer. Kedua, manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian
terhadap perangkat lunak yang sedang dijalankan, contoh sumber dayanya seperti
CPU, memori utama, dan peranti masukan/keluaran. Ketiga, manajemen data
berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran.
Macam-macam sistem operasi:
1.
Pada
PC, meliputi DOS (Disk Operating System), Windows, Novell NetWare,
OS/2, UNIX, Linux, BeOS
2.
Pada mainframe,
contohnya MVS (Multiple Virtual System)
3.
Pada
minikomputer, contoh sistem operasinya VAX/VMS, Digital Unix, AOS, DG,
4.
Palm
OS dan Windows CE/Pocket PC untuk hand-held computer alias komputer
genggam
5.
Mac
OS khusus untuk Apple Macintosh
6.
COS
(Card Operating System)
b.
Utility, merupakan perangkat lunak sistem yang mempunyai fungsi tertentu,
misalnya memformat disket, pengaturan ulang, dan sebagainya.
Berikut beberapa penggolongan utility menurut tugasnya:
1.
Pencadangan (backup)
yaitu menyalin program/data yang terdapat pada hard disk komputer ke
suatu peranti penyimpanan eksternal (misal CD-RW) dengan tujuan agar sekiranya terjadi
kerusakan pada hard disk komputer maka salinan tersebut dapat digunakan.
Contoh: Norton Backup, tar, cpio, dd, B’s Recorder Gold.
2.
Pemulihan
data untuk melakukan perbaikan /pemulihan data yang rusak secara fisik. Contoh:
Norton Utilities
3.
Anti
Virus untuk menangani penularan virus dalam komputer. Contoh: Norton AntiVirus,
McAffee VirusScan
4.
Kompresi
data untuk memperkecil ukuran data sehingga data tersebut dapat ditransfer ke
lokasi lain dengan cepat. Contoh programnya: WinZip, PK Zip, gzip
5.
Defragmentasi,
upaya untuk menghilangkan fragmentasi. Fragmentasi adalah keadaan yang membuat
bagian dari berkas-berkas pada hard disk atau disket tidak berada di
lokasinya/berserakan. Contoh: Disk Defragmenter
6.
Pemformat
data
c.
Device
driver, program yang berfungsi untuk
membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral.
d.
Bahasa
pemrograman, merupakan software bahasa-bahasa yang dipakai oleh para programmer
untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi yang membantu programmer dalam
membuat suatu program dan pengatur komunikasi antara komputer dengan
peralatannya (sesama dengan komputer atau dengan manusia).
Berikut contoh software bahasa pemrograman:
1.
FORTRAN
(FORmula TRANslator), aplikasi matematika, ilmu pengetahuan dan teknik
2.
COBOL(Common
Business Oriented Language), aplikasi komersial (bisnis)
3.
PL/I
(Programming Language One), kombinasi aplikasi komersial dan ilmiah
4.
RPG (Report
Program Generator), untuk aplikasi komersial
5.
APL
(A Programming Language)
6.
Logo
7.
BASIC
(Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code), bahasa serbaguna
8.
Pascal
(diambil dari nama Blaise Pascal)
9.
FORTH
(FOuRTH-generation language), aplikasi bisnis dan grafis
10.
Ada
11.
C/C++
12.
dBase
13.
Java
14.
LISP
(LISt Processing)
15.
PROLOG
(PROgamming in LoGic)
2.
Perangkat
Lunak Aplikasi
Perangkat lunak
aplikasi (application software) adalah program yang biasa dipakai oleh
pengguna untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik.
Perangkat lunak
aplikasi dapat digolongkan menjadi lima. Pertama, perangkat lunak
hiburan, mencakup program-program permainan (game), memainkan musik
(misal WinAmp), dan program untuk memainkan film (misal Xing).
Kedua, perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari atau
mereferensi suatu pengetahuan, seperti kamus, ensiklopedi, pelajaran ilmu
pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi.
Ketiga, perangkat lunak bisnis, untuk menangani aplikasi bisnis, berupa
program untuk menangani persediaan barang (inventory control),
pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable), dan registrasi
mahasiswa (sistem akademis).
Keempat, perangkat lunak produktivitas kerja, berguna untuk meningkatkan
produktivitas kerja pemakai. Perangkat lunak ini meliputi:
a.
Word
processing (pengolah kata), digunakan untuk
mengetik naskah, surat, dan dokumen lainnya. Contoh program pengolah kata: Word
Processor (Microsoft Word, Lotus WordPro, Amipro, WordStar, Word Perfect,
Notepad, dan sebagainya)
b.
Spreadsheet, adalah software pengolah angka yang memerlukan berbagai macam
perhitungan, pembuatan tabel, grafik, dan sebagainya. Contoh software ini
antara lain Microsoft Excel, Lotus 123, Quattro Pro, Lotus Symphony, dan
sebagainya.
c.
Desktop
publishing (publisher)
adalah software penerbitan yang dimanfaatkan oleh para user yang bergerak dalam
bidang penerbitan, seperti majalah, surat kabar, buku, brosur, undangan, dan
lainnya. Contoh program ini yaitu Microsoft Publisher, Adobe Pagemaker, Adobe
inDesign, Ventura Publisher, QuarkXPress, dan sebagainya.
d.
Presentasi
grafik, digunakan untuk keperluan presentasi yang memanfaatkan animasi, suara,
gambar, grafik, maupun video. Contoh: Microsoft PowerPoint, Lotus Freelance,
Harvard Graphics dan lain-lain.
e.
Software
aplikasi internet, memungkinkan untuk komunikasi jarak jauh yang terhubung
dengan jaringan. Contoh: http (hypertext transfer protocol) dengan
browser internet explorer, google chrome, Mozilla Firefox dan sebagainya;
e-mail (electronic mail) dengan perangkat lunak Outlook Express.
f.
Pengolah
data (database), digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data.
Contoh: dBase, Microsoft Access, FoxPro, Statistik (ASP, SAS, SPSS, MicroStat,
dan StatGraphic), dan sebagainya.
g.
Software
aplikasi grafis, dimanfaatkan oleh para user yang bergerak di bidang
desaingrafis, terutama untuk menggambar dan pengolahan gambar dan foto. Contoh
software ini antara lain Freehand, Adobe Ilustrator, Photo Editor, Image
Processing/Design (Adobe Photoshop, Corel Draw, Irfan View, Ulead PhotoImpact,
ArcShoft Photostudio, dan Microsoft Photodraw) dan lainnya.
Kelima, adalah perangkat lunak khusus, digunakan pada PC atau perangkat
khusus.
Berdasarkan
cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, dapat digolongkan sebagai
berikut:
1.
Perangkat
lunak komersial, perangkat lunak harus di beli karena ada hak ciptanya.
2.
Perangkat
lunak domain-publik, bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.
3.
Shareware,
bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan
pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk
menggunakan secara terus-menerus. Seringkali ada hak cipta tetapi terkadang
bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
4.
Freeware,perangkat
lunak yang dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali.
5.
Rentalware,
perangkat lunak yang dapatdigunakan dengan cara menyewa, ada hak cipta.
6.
Free
software, perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan
oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan (sepanjang lisensi
memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar
dengan harga yang relatif murah.
7.
Open
source, serupa dengan free software, hanya bebeda dalam filosofi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar