Selasa, 21 Oktober 2014

TEKNOLOGI INFORMASI ALA PERPUSTAKAAN




A.    Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (information technology) disebut juga TI, IT, atau infotech. Menurut kalian apa sih Teknologi Informasi itu? Namun, sebelum kalian jawab mari kita simak dulu pengertian Teknologi Informasi berikut.
Haag dan Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Williams dan Sawyer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dari pengertian-pengertian Teknologi Informasi di atas didapat bahwa Teknologi Informasi adalah suatu teknologi untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.
Komputer adalah mesin yang dapat diprogram untuk menerima data sehingga menghasilkan informasi. Teknologi komunikasi terdiri dari sistem dan peralatan elektromagnetik untuk berkomunikasi jarak jauh, seperti telepon; radio; televisi; dan sistem komunikasi antar komputer (online, yang terhubung ke jaringan).
Nah, dengan sedikit uraian di atas kalian juga dapat menyimpulkan sendiri apa itu Teknologi Informasi, sehingga mudah dipahami untuk kalian sendiri.

B.     Manfaat Teknologi Informasi untuk Perpustakaan
Di masa sekarang teknologi informasi sangat berperan tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, melainkan diperuntukkan bagi organisasi. Penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari mempermudah pertukaran informasi dan data antarwilayah sehingga penyebaran pengetahuan menjadi begitu cepat. Banyak yang diperoleh dengan diterapkannya teknologi informasi di suatu instansi atau perusahaan, tidak terkecuali di perpustakaan.

“Kemajuan perpustakaan banyak diukur dengan penggunaan teknologi informasi yang diterapkan”

Perpustakaan sebagai sentral pengetahuan tidak lepas dari fungsi untuk menyediakan sarana informasi dan ilmu pengetahuan. Kebutuhan akan teknologi informasi sangat berhubungan dengan peran perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaraninformasi ilmu pengetahuan, tempat rujukan bagi para pencari ilmu,dan pengembangan karya-karya ilmiah.
Berikut beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi untuk perpustakaan:
1.    Mempermudah, mempercepat, dan mengefisiensikan tugas perpustakaan dalam menyebarkan informasi dengan jalan mengidentifikasi, mengumpulkan, mengelola, dan menyediakannya untuk masyarakat luas
2.    Kebudayaan berkembang seiring dengan meningkatnya minat untuk membaca, menulis, mencetak, mendidik dan kebutuhan manusia akan informasi
3.    Perubahan tata cara pengelolaan perpustakaan yang dulunya masih manual sekarang menjadi digital, keunggulan tersebut diantaranya konsep katalog online yang memungkinkan pencarian koleksi kapan pun dan dimana pun; otomasi pemgelolaan sirkulasi; serta penyediaan koleksi pustaka berwujud digital merupakan sebagian ciri dari pengelolaan perpustakaan modern
4.    Mengetahui tingkat kemajuan di perpustakaan tersebut
Penerapan teknologi informasi di perpustakaan merupakan wujud dari suatu perubahan layanan yang mendorong perpustakaan untuk melakukan modernisasi pelayanan dan menerapkan teknologi informasi dalam aktifitas kesehariannya. Yang paling utama dari penerapan teknologi informasi adalah fungsi kemudahan yang diberikan untuk pustakawan dan pengguna perpustakaan.

Daftar Pustaka
Kadir, Abdul dan Triwahyuni, Terra Ch. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi, Ed. II. Yogyakarta: Andi.
Supriyanto, Wahyu dan Muhsin, Ahmad. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar