Senin, 07 Desember 2015

Cerpen "Tanpa Kata"


Tanpa Kata

 "Inah, Meida berangkat sekarang ya! Ini sudah kesiangan Bi!” teriak Meida pada Bibi Inah.
Beneran deh Meida bangun kesiangan. Gara-gara tadi malem sampe larut bener tidurnya. Jam satu malem Meida baru mapan tidur.
“Sarapan dulu Non! Ini Bibi sudah siapin...”
“Nggak usah Bi! Aku bawa kue kok, buat sarapan di sekolah nanti. Ni aku buru-buru Bi, udah hampir jam tujuh tuh. Nanti mah telat kalo sarapan dulu. Pamit ya Bi. Meida berangkat sekarang. Assalamualaikum....” teriak Meida sambil berlalu.
Meida cepet-cepet meng-gowes sepedanya. Memang, jarak sekolah Meida dari rumah tidak terlalu jauh tapi butuh waktu juga kan? Nggak seperti para TinkelBell yang hanya sekejab bisa sampe, bukan kayak peri pake tongkat bintangnya terus CLING!! ilang, sampe deh, nggak juga pake bimsalabim adakadabra terus ilang eeeh.. malah jadi kelinci? Hohoho.
Tapi pake sepeda, sekitar limabelas menitan. Kalau ngebut kayak Meida sekarang ini sepuluh menitan, kurang dikit mungkin bisa. Tapi jam tangan Meida nunjukin pukul 06.55 a.m. Meida harus lebih cepet meng-gowes sepedanya.
Dengan terengah-engah, akhirnya sampai juga Meida di sekolah. Meida agak lega, untung pintu gerbang belum ditutup, emang banyak sih yang telat, terutama anak-anak cowok yang senior, kakak kelas Meida. Kalau yang kelas satu masih tertib-tertib tapi entah besok kalau udah jadi senior, pasti kayak kakak-kakak kelasnya.
Buru-buru Meida markirkan sepeda terus lari deh menuju kelas. Pukul 07.05 a.m. Bel??? Jelas sudah lewat! Nggak usah masang telinga untuk dengerin bel. Tutup aja telinganya biar nanti kalo dapet Guru killer nggak denger kemarahannya.
Tiba-tiba di tikungan lorong kelas tak disangka-sangka dari arah berlawanan, ada seorang cowok yang juga terburu-buru. Dan....  dueeerrrr!!! Sheeett.... Meida dan cowok itu hampir tabrakan pas di tikungan. Huuufttt...! hampiiir aja jantung Meida mau copot. Untung lampu merahnya segera menyala plus remnya masing-masing belum aus jadi rem dadakannya mempan deh, heheheee...
Karena buru-buru Meida langsung geser kekiri eh dia malah geser ke arah posisi yang sama dengan Meida. Meida geser kekanan dia juga geser ke posisi yang sama, jadi Meida malah kehalangan terus. Meida sempet ngumpat dalam hati. “Gimana sih cowok ini malah ngalangin aku terus, aku itu buru-buru tau! Tapi kalo aku pikir-pikir kok kayak di sinetron-sinetron ya??? Apa Kakak ini juga mikir gitu? Moga nggak!”
“Sorry,” cowok itu minta maaf.
Meida menatap wajahnya. Saat itu juga detak jantung Meida bergetar kencang, kaki Meida terasa nggak nginjak tanah, tubuh Meida merasa melayang-layang mau terbang, tangan Meida pun sampe dingin kayak megang es. Mungkin kali ini jantung Meida beneran mau copot deh.
“Ya ampun... cakep banget nih cowok. Ya Allah mimpi apa aku semalem?” bisik Meida dalam hati. Meida mengatur nafas biar bisa ngucapin kata ‘ok’ dalam keadaan biasa. “Ok,” Meida nggak tau harus ngomong apa selain mengatakan ‘ok’ itu tadi. Dan Meida juga nggak tau harus ngapain selain harus berjalan melewati cowok itu karena cowok itu mempersilahkan Meida dengan menggeser selangkah kekiri dari ia berdiri. Meida sempet juga menyunggingkan senyuman termanisnya ( hanya untuk moment ini hihihiii... ). Cepet-cepet Meida  melangkahkan kakinya menuju kelas. Tau sendirikan, udah telat dia. Tapi, masih aja Meida senyum-senyum sendiri. Aduuuuhh... parah banget.
 Sampai di kelas belum ada guru yang masuk. Meida pun langsung masuk dan duduk di kursinya. Terbesit dalam pikirannya kejadian tadi. Meida masih aja senyum-senyum sendiri membuka memory kejadian tadi. Hemm.... ada apa ya??? Sepertinya Meida ada rasa nih sama cowok ganteng itu, bukan lain kakak seniornya sendiri. “Siapa ya Kakak tadi? Aku pengen kenalan sama Kakak,” kata Meida dalam hati.
“Krucuk....krucuk..cuk,” perut Meida bunyi.
“Aduu...uh perut ini nggak bisa diajak kompromi banget deh. Nih aku baru seneng mikirin kejadian tadi eh...malah minta makan,” gerutu Meida.
Tapi, ini adalah kesempatan Meida untuk makan kue yang dibawanya tadi. Gurunya juga belum masuk kok. Daripada nanti pas pelajaran Meida kelaperan malah tambah ribet deh, harus ijin ke belakang tapi mampir ke kantin. Terus nggak bisa dengerin pelajaran.
Meida membuka box tempat kue. Evi, teman sebangku Meida, dia tawari. Teman-teman yang lain juga pada kepengen kue yang dibawa Meida. Ya, mereka pada ngambil untuk cicip-ciciplah. Kue yang dibawa Meida lumayan banyak kok jadi semua kebagian.
Tiba-tiba Ibu Endang masuk kelas. Beliau tersenyum melihat kami.
“Dihabiskan dulu makanannya...” kata Beliau sambil berjalan di depan kelas ke tempat duduk guru.
Meida tersenyum. Cepat-cepat Meida menutup box kuenya lalu memasukkan ke laci dan menghabiskan sisa kue yang ada di mulutnya. Setelah rapi dan tenang, Bu Endang memulai pelajaran hari ini.
Pelajaran pagi ini berjalan lancar. Bel istirahat pertama berbunyi. Meida mengajak dua sahabatnya nyerbu perpus. Meida itu seneng banget dengan novel. Apalagi kalau perpus punya koleksi baru lagi, kayak hari ini, pasti Meida cepet-cepet nyerbu deh. Semua koleksi novel di perpustakaan udah dilahap Meida semua, terlebih novel-novel best seller, udah disikat abis oleh Meida. Meida juga punya koleksi novel-novel di rumahnya.
Di perpus, Meida ngambil satu novel untuk dia baca, tapi Meida udah memesan dua novel untuk Meida pinjam. Meida duduk di dekat rak buku sambil baca novel, biar nanti kalau bel masuk berbunyi Meida nggak jauh-jauh naruh novel itu.
Tak lama kemudian, ada seseorang yang duduk di depan Meida. Tapi Meida nggak menghiraukan siapa yang duduk, soalnya Meida udah asyik dengan novel yang dibacanya. Terus saja Meida baca, nggak ada lampu merah kalau Meida baca novel, kecuali darurat.
“Suka novel ??” tiba-tiba ada suara yang membuyarkan bacaan Meida. Meida merasa tak asing dengan suara itu. Dan... “Oh my God ! ternyata Kakak tadi pagi!” kata Meida dalam hati setelah dia tau yang duduk di depannya adalah Kakak kelas Meida yang tadi pagi hampir nabrak Meida.
“Ehmm... ya, suka banget,” jawab Meida. Terpaksa berhenti baca, keadaan ini darurat. “Lha Kakak ngapain disini? eh... maksudnya lagi nulis apa...?” tanya Meida agak grogi. Sampe-sampe Meida menyalahkan diri sendiri. “Ya ampuuun... gimana sih kamu itu Da? Jangan grogi donk! Huftttt...” Meida menghela nafas panjang. Mau nepuk jidat tapi nggak jadi. Nanti ndak dikira ada nyamuk di jidat Meida atau dikira nutupin jerawat di jidat Meida. “Oke... oke... semoga pertanyaanku tadi nggak kepoh bingiits,” ucap Meida dalam hati.
“Ini nyelesein tugas biologi tadi, nanti habis istirahat suruh ngumpulin.”
“Owhh...”
“O iya, nama kamu siapa? Dari tadi ngobrol tapi belum kenalan.”
“Ehm... namaku Meida...”
“Dari kelas XI A2 ya..?”
Meida mengerutkan kening, bingung kenapa Kakak ini tau kelas Meida. Sebelum Meida bertanya, dia ngasih tau duluan. Mungkin dia bisa membaca pikiran Meida.
“...aku lihat kamu tadi keluar dari kelasmu setelah bel istirahat. Oh iya namaku Andi dari kelas XII A1.” Kak Andi mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan, jawat asta bahasa Jawanya (biar kalian sedikit tahu bahasa Jawa hehehe).
“Oowh ya...” setengah berbisik Meida katakan itu. Meida bingung harus jawab apa dan ngomong apa. Cowok itu udah ngasih tau namanya sebelum Meida bertanya. Mungkin itu lebih baik. Karena kalau Meida yang bertanya akan sulit untuk menanyakannya. Dan dengan segera Meida juga memberikan uluran tangannya untuk berjabat tangan. “Salam kenal,” Meida mulai bisa mengatur keadaan. Grogi Meida sudah agak berkurang.
“Wah... bentar lagi bel masuk, aku balik ke kelas dulu ya. Soalnya aku mau ngumpulin tugas. Duluan ya, seneng aku bisa kenalan denganmu Meida... kapan-kapan kita ngobrol lagi...” kata Kak Andi sebelum meninggalkan perpus, tapi tepatnya meninggalkan Meida.
“Sama-sama Kak, aku juga seneng (pake banget) bisa kenalan dengan Kakak. Aku pengen bisa kenal lebih dekat dengan Kakak...” mungkin Kak Andi hanya bisa mendengar tiga kata dari awal yang Meida ucap, karena Kak Andi sudah keluar.
Meida pun merasa males mau baca novel lagi. Jadi dia jadikan sisa waktu istirahatnya untuk melihat-lihat novel yang lain. Dua menit kemudian bel berbunyi. Tanpa kata-kata Meida dan dua temannya—yang entah tadi baca buku dimana– kembali ke kelas. Meida tak lupa mengambil novel pinjaman tadi.
Hari ini adalah hari Sabtu, pulang sekolah pukul 01.00 p.m, tapi tetep aja pulang siang karena ketambahan kegiatan Sabtu Bersih setelah pulang sekolah. Tambah jenuh nih Meida nunggu waktunya pulang. Meida pengen cepet-cepet pulang terus bisa bebas deh maen di taman rumah sambil menghilangkan penat.
Tak disangka saat Meida duduk-duduk di kursi sambil menunggu teman yang belum selesai kerja bakti, dari belakang, Meida dikagetin dengan suara itu. Suara dari cowok ganteng yang Allah ciptakan untuk Meida (cieee ilee....) pasti deh Meida nggak bisa ngrasain apa yang Meida rasain sekarang karena saking senengnya sama doi, Meida jadi mati rasa dan merasa melayang-layang gitu deh...
Kak Andi juga merasakan. Kak Andi merasakan kalau sejak dia melihat Meida dan kenal dengan Meida dia merasa seneeeng buanget dan dekat dengan Meida terasa nyaman.
“Kok belum pulang Da?” tanya Kak Andi.
“Hemm... belum Kak, tuh nunggu temen-temen,” jawabku dengan senyum.
“Oooh... Kamu kok nggak bantu?”
“Hehehe... udah Kak, tadi. Sekarang udah capek,”
“Ya kalau mau cepet selesai dibantu donk Da...”
“Andi!!! Ayo buruan!” tiba-tiba salah satu teman Kak Andi teriak memanggil Kak Andi.
“Ya, bentar!” Kak Andi menjawabnya juga dengan teriakan.
“Meida, aku duluan ya. Kamu aku tunggu di depan,” sebelum Meida mengeluarkan pertanyaan Kak Andi sudah lari duluan mengejar temannya tadi.
Sambil melihat Kak Andi berlari, Meida berfikir, mencerna kata-kata Kak Andi tadi (tapi nggak dimakan lhooo..) “Kak Andi mau nunggu aku? Ada apa ya?? Oh! Aku tahu. Kalau aku pengen tahu, aku harus cepet pulang. Itu artinya, aku harus bantu temen-temen membereskan kelas! Kak Andi...Kak Andi... maksud Kak Andi itu apa sih??? Aku bingung deh sama Kak Andi...” Kak Andi yang membuat penasaran Meida, menjadikan Meida tergugah dan beranjak dari tempat duduknya untuk membantu teman-teman.
Tak lama Meida dan teman-teman menyelesaikan kerja bakti Sabtu ini. Meida harap-harap penasaran menunggu Kak Andi (eeh bukannya Kak Andi yang nunggu Meida?) Sorry, maksudnya mau ketemu Kak Andi yang nunggu Meida di depan.
“Hey, Kak. Ada apa?” tanya Meida saat sampai di gerbang sekolah melihat Kak Andi.
“Nggak ada apa-apa kok. Ini tadi aku baru nyelesein tugas kelompok,” jawab Kak Andi.
“Lha kok nunggu aku segala?”
“Idiiih... PD banget Meida, emang aku nunggu kamu?” Kak Andi ngejek Meida.
“Iiiihhh... Kak Andi kok gitu sih? Emang tadi pas di depan kelasku Kak Andi bilang apa!?” Meida agak kesel.
“Iya-iya, jangan manyun gitu donk. Kalau kamu manyun kayak gitu mah malah tambah cantik, hehehe.”
“Apaan sih Kak Andi,” Meida cuek dengan kata-kata Kak Andi tadi.
Meida terus nyelonong aja keluar gerbang, tanpa memberi aba-aba dan menunggu aba-aba. Melihat reaksi Meida, buru-buru Kak Andi menstarter motornya lalu menyusul Meida. Jelas Meida kesusul karena Meida cuma nyepeda.
“Maaf Da, kan cuma becanda,” Kak Andi minta maaf yang berusaha mbarengi Meida.
“Iya Kak, aku juga tahu kok. Aku nggak marah kok Kak. Ini aku mau cepetan pulang nanti ada acara,” jelas Meida.
“Oalaah... kirain ngambek, hehehe...”
“Ya nggaklah, ngapain juga ngambek segala.”
“Ayo, aku tarik aja biar cepet sampe rumah,” Kak Andi mengulurkan tangan kirinya.
“Boleh,” Meida menerima tangan Kak Andi dengan tangan kanan Meida.
Saat itu Meida menjadi penunjuk jalan Kak Andi, menunjukkan arah jalan ke rumah Meida. Sesampainya di gang deket rumah Meida, mereka berhenti.
“Sampai sini aja Kak, rumahku cuma situ kok,” Meida menunjuk rumah yang bercat hijau, nggak jauh dari mereka berhenti.
“Oh, ok,”
“Trimakasih ya Kak, udah nganter aku sampe sini,” nggak lupa Meida berterima kasih.
“Ya sama-sama...” jawab Kak Andi, tapi kata-kata itu masih mengambang. Ada sesuatu yang belum dikatakan Kak Andi kepada Meida. Kak Andi butuh semua keberaniannya untuk mengatakan dan sebelum semuanya terlambat Kak Andi memutuskan untuk mengatakan sekarang.
“Tunggu Meida! Ehm... kamu mau nggak jadi pacar aku?” akhirnya Kak Andi bisa juga mengatakannya.
“Haa....!?)#&%*@(#*%&”
“Iya... saat pertama aku ketemu kamu tadi pagi, aku merasa ada sesuatu yang berbeda. Aku kenal denganmu, ngobrol denganmu, aku merasa seneng dan bahagia. Aku merasa hari ini adalah hari spesial buatku karena Tuhan telah mempertemukanku dengan bidadari yang cantik, yang membuat hariku terasa berarti...”
Meida merasa bumi ini berhenti berputar, suara Kak Andi semakin lama semakin sayup-sayup kemudian hilang. Meida tak bisa mendengarkan lagi apa yang dikatakan Kak Andi. Meida pun tak bisa menjawab pertanyaan Kak Andi tadi. Pandangan Meida menjadi kabur, mata Meida tak bisa menangkap secercah cahaya pun. Semua gelap.
Tiba-tiba, “Bhuggh...” ada sesuatu yang mengenai benda keras.
“Aaaouuuwwww...” Meida menjerit kesakitan. “Ya Allah... tadi itu hanya mimpi to? Padahal so sweet, eeehh... malah endingnya aku jatuh dari tempat tidur kena meja dapet benjol, mimpi pula. Huft... Aduuuhh... emang sakit ya jatuh cinta itu (eh?)”
Meida mengambil ponselnya untuk melihat jam.
“Hhaaaaaaa...!!! Jam 06.30 a.m! mimpi apa aku semalem coba!? Ya ampuuunn... gara-gara mimpi itu aku jadi bangun kesiangan. Hhaa! Kesiangan!? Apa mimpi tadi mau jadi kenyataan!? Apa semua ini mimpi? Oh my God...!”
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar